Mohon maaf jika anda di alihkan ke adf.ly mohon klik SKIP AD

Sunday, February 10, 2013

Rumusan masalah

Rumusan masalah sering juga disebut pertanyaan-pertanyaan penelitian di mana jawabannya diperoleh setelah melakukan penelitian. Oleh karena itu,rumusan masalah harus dijabarkan secara operasional dan spesifik dari judul penelitian. Rumusan yang operasional dan spesifik itu hendaknya sejalan dengan arah jawaban yang bakal disajikan dan disimpulkan nanti.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan rumusan masalah penelitian adalah :
  1. Masalah dirumuskan dalam bentuk-bentuk pertanyaan / narasi.
  2. Masalah dirumuskan dalam susunan kalimat yang sederhana dan mengurangi penggunaan isitilah yang belum baku.
  3. Masalah dirumuskan secara sngkat, jelas, padat serta tidak menimbulkan kerancuan pengertian.
  4. Rumusan masalah haruslah mencerminkan keinginan yang hendak dicari.
  5. Rumusan masalah tidak mempersulit pencarian data lapangan terutama terhadap data langka
  6. Rumusan masalah dapat dipakai sebagai dasar dalam merumuskan hipotesis
  7. Rumusan masalah haruslah direfleksikan ke dalam judul penelitian.
MANFAAT RUMUSAN MASALAH :
  1. MANFAAT RUMUSAN MASALAH pertama adalah sebagai pendorong suatu kegiatan penelitian menjadi diadakan atau dengan kata lain berfungsi sebagai penyebab kegiatan penelitian itu menjadi ada dan dapat dilakukan. 
  2. MANFAAT RUMUSAN MASALAH kedua, adalah sebagai pedoman, penentu arah atau fokus dari suatu penelitian. Perumusan masalah ini tidak berharga mati, akan tetapi dapat berkembang dan berubah setelah peneliti sampai di lapangan. 
  3. MANFAAT RUMUSAN MASALAH ketiga dari perumusan masalah, adalah sebagai penentu jenis data macam apa yang perlu dan harus dikumpulkan oleh peneliti, serta jenis data apa yang tidak perlu dan harus disisihkan oleh peneliti. Keputusan memilih data mana yang perlu dan data mana yang tidak perlu dapat dilakukan peneliti, karena melalui perumusan masalah peneliti menjadi tahu mengenai data yang bagaimana yang relevan dan data yang bagaimana yang tidak relevan bagi kegiatan penelitiannya. Sedangkan fungsi keempat dari suatu perumusan masalah adalah dengan adanya perumusan masalah penelitian, maka para peneliti menjadi dapat dipermudah di dalam menentukan siapa yang akan menjadi populasi dan sampel penelitian.

No comments:

Post a Comment